Rabu, 17 Oktober 2018 | 01:36 WIB
"Dana pinjaman Rp2 triliun ini akan kami salurkan ke 70 ribu debitur BTN yang ingin memiliki rumah,"
BTN Dapat Pinjaman dari BCA Rp2 Triliun
Rabu, 7 Desember 2011 | 19:36 WIB
BTN dapat suntikan dana dari BCA -
Skalanews - Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk mendapat pinjaman bilateral dari Bank Centeral Asia Rp2 triluan. Pinjaman beragunkan aset Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tersebut rencnanya akan di pergunakan untuk perluasan pembiayaan perumahan.

"Dana pinjaman Rp2 triliun ini akan kami salurkan ke 70 ribu debitur BTN yang ingin memiliki rumah," ungkap Dirut Bank BTN, Iqbal Latanro, usai penandatanganan kerja sama pinjaman dengan Presdir Bank BCA Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Rabu (07/12).

Secara lebih jauh, Iqbal menjabarkan, hasil kerjasama ini akan digunakan BTN untuk pembiayaan perumahan atau properti seperti dengan mengagunkan tagihan KPR kepada kreditur sampai jatuh tempo pinjaman. Sementara pengelolaan adminstrasi KPR seperti proses penagihan dan pembayaran angsuran yang tetap dilakukan BTN.

Menurutnya, pinjaman tersebut adalah pimbiayaan jangka menengah bagi KPR dan menciptakan satu mekanisme dalam mengatasi masalah maturity mistmach pembiayaan KPR.

"Kerja sama ini membawa dampak positif dalam mendukung program pembiayaan perumahan nasional," katanya.

BTN, lanjut Iqbal, akan terus mengembangkan pola kerja sama bilateral beragun aset sebagai inovasi transaksi, sehingga dapat menekan efesiensi bisnis.

"Perbaikan kualitas pembiayaan akan terus dilakukan sebagai upaya mendapat dukungan positif dari para counterparty. Dana yang didapat akan digunakan memproduksi KPR-KPR baru yang lebih berkualitas dan sehat," katanya.

Ditempat yang sama, Dirut BCA, Jahja Setiaatmadja menuturkan kerjasama ini dilakukan kerena adanya kebutuhan dari masyarakat yang terus meningkat dari tahun ketahunnya. Itu artinya peluang dan sinergi antar kedua bank ini dinilainya cukuplah menguntungkan.

"Makanya kita sangat mendukung kerjasama dengan BTN. Ini juga salah satu komitmen kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujarnya.[Pay]