Rabu, 22 Mei 2019 | 14:51 WIB
Apabila BI Rate dinaikkan akan mendorong nilai tukar rupiah terus menguat.
BI Diharapkan Pertahankan Suku Bunga Acuan
Selasa, 5 Juli 2011 | 19:14 WIB
foto int -
Jakarta -  Walau laju inflasi pada Juni 2011 cenderung mengalami kenaikan, namun Bank Indonesia (BI) diharapkan mempertahankan suku bunga acuan (BI Rate) pada level 6,75 persen.

"Apabila BI Rate dinaikkan akan mendorong nilai tukar rupiah terus menguat, namun kenaikan rupiah yang berlanjut kurang menguntungkan bagi produk ekspor Indonesia," kata analis PT First Asia Capital, Ifan Kurniawan di Jakarta, Selasa (5/7).

Ia mengatakan, menjelang paruh kedua 2011 inflasi memang agak meningkat, karena kebutuhan bahan pokok terutama beras menjelang puasa dan lebaran meningkat.

Selain itu, penggunaan uang juga meningkat karena penerimaan gaji ke-13 yang akan diberikan pada paruh kedua bulan Agustus.

Menurut dia, pemerintah dalam hal ini berusaha memenuhi kebutuhan pokok masyarakat terutama beras dengan melakukan impor beras dari Thailand. "Pemerintah sangat fokus pada kebutuhan pokok itu untuk menjaga inflasi agar tidak mengalami kenaikan yang tinggi," katanya.

Karena itu, BI Rate sampai akhir 2011 kemungkinan akan tetap di level 6,75 persen sehingga pergerakan rupiah masih berada dalam batas yang normal. (zhank's/ant)