Sabtu, 18 Januari 2020 | 17:01 WIB
"Hingga kini Bank BUMN belum ada yang menyampaikan usulan kepada kami untuk membeli Bank Mutiara."
Bank Plat Merah Belum Lirik Bank Mutiara
Senin, 11 Juli 2011 | 19:11 WIB
Bank Mutiara akan mulai ditawarkan pada calon pembeli Agustus mendatang. -
JAKARTA - Penjualan PT Bank Mutiara Tbk sepi peminat. Buktinya, hingga saat ini, para pembeli masih enggat melirik bank dulunya Bank Century. Tak terkecuali bank-bank plat merah alias BUMN.

"Hingga kini Bank BUMN belum ada yang menyampaikan usulan kepada kami untuk membeli Bank Mutiara," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar usai Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR-RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (11/7).

Selaku kuasa pemegang saham Bank BUMN, ia mengaharapkan agar perusahaan milik negara itu dapat melakukan ekspansi dengan aksi korporasi yang dilakukan dengan prinsip kehati-hatian.

"Kita mendorong (Bank BUMN)mereka untuk terus berkembang. Kita tidak intervensi dan sepenuhnya diserakan  kepada kebijakan dan strategi bisnis perusahaan. Kalau mereka tertarik sebagai aksi korporasi ya... silakan," imbuh Mustafa.

Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo juga mendukung pengambilalihan Bank Mutiara oleh Bank BUMN. Saham Bank Mutiara merupakan milik negara, Sehingg diharapkan dapat memerikan ketertarikan kepada investor untuk membeli.

Agus juga mengharapkan, pengambilalihan Bank Mutiara oleh Bank BUMN tidak mengalami rintangan. Sebelumnya diberitakan kepemilikan pemerintah di Bank Mutiara akan mulai ditawarkan pada calon pembeli Agustus mendatang. Proses divestasi sedang dikonsultasikan dengan konsultan keuangan.(mad)