Sabtu, 20 April 2019 | 08:01 WIB
Menurutnya, inflasi yang stabil kali ini dipengaruhi oleh penurunan harga pangan.
Hatta Yakin Inflasi September Lebih Rendah
Senin, 3 Oktober 2011 | 12:15 WIB
Menko Perekonomian Hatta Rajasa -
Skalanews - Menko Perekonomian Hatta Rajasa meyakini bahwa tingkat inflasi pada dua bulan terakhir tahun 2011 ini bisa lebih rendah dari inflasi bulan Agustus yang mencapai 0,93 persen.

"Kalau prediksi saya masih stabil, dan saya perkirakan tidak setinggi di Agustus. Ini pandangan saya, kalau kemarin  0,93 persen, saya harapkan di bawah itu," ujar Hatta, di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (3/10).

Menurutnya, inflasi yang stabil kali ini dipengaruhi oleh penurunan harga pangan. Di mana pasca lebaran harga pangan relatif mengalami penurunan. "Untuk pangan relatif stabil, pasca lebaran itu kan relatif stabil, beberapa menurun," katanya.

Hatta menjelaskan, untuk volatile food tidak terlihat adanya kenaikan yang tinggi. Meski penyumbang utama inflasi adalah bahan pokok. Selain itu, untuk core inflation juga tidak mengalami kenaikan seperti bulan lalu pada level 5 persen. "Mudah-mudahan ini tidak terlalu seperti kemarin. Saya kira kita akan mencapai di bawah 5 persen. Dan juga volatile food tidak terlalu tinggi," tegas Hatta.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pada Agustus 2011 terjadi inflasi 0,93 persen. Laju inflasi ini didorong oleh lonjakan harga emas perhiasan yang mencapai 9,1 persen. [Wahyu Sabda Kuncahyo/Pay]