Selasa, 11 Desember 2018 | 03:22 WIB
Hatta mengatakan tidak semua negara memiliki instrumen tersebut.
Pemerintah Akan Pamer Keberhasilan KUR Pada ASEAN
Jumat, 7 Oktober 2011 | 17:02 WIB
Ilustrasi -
Skalanews - Pemerintah akan memamerkan keberhasilan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada pertemuan ASEAN Economic Community Council (AEC) Oktober mendatang.

"Salah satu instrumen yang kita ajukan adalah financial conclusion, UMKM. Di Indonesia disebut KUR. Kita bersyukur bisa menyediakan dana sampai Rp30 triliun pada tahun depan," ujar Hatta, di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (7/10).

Menurutnya, tidak semua negara memiliki instrumen tersebut. Negara-negara lain belum tentu memiliki funding, belum tentu memiliki biaya, belum tentu memiliki dana. Oleh karenanya, kemiskinan perlu didekatkan dengan sistem pembiayaan seperti tadi. "Pertanyaannya bagaimana membiayainya, negara-negara ASEAN perlu memikirkan itu," katanya.

Untuk itu, lanjut Hatta, dalam forum tersebut, pemerintah Indonesia bersama negara-negara ASEAN lainnya akan membahas dua isu penting. Pertama, terkait dengan pengurangan perbedaan pembangunan antar negara ASEAN, dan arsitektur baru regional ASEAN. [Wahyu Sabda Kuncahyo/Pay]