Kamis, 20 Februari 2020 | 08:43 WIB
Saat ini pertumbuhan kredit paling besar terdapat pada sektor small business dan business banking.
Bank Mandiri Optimis Kredit Korporasi di Atas 23 Persen
Rabu, 12 Oktober 2011 | 15:47 WIB
Bnak Mandiri siap salurkan kreditnya -
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk optimistis bahwa pertumbuhan kredit korporasi hingga akhir tahun ini masih berada di atas 23 persen. Meskipun pertumbuhan kredit di sektor ini mengalami perlambatan akibat krisis global yang melanda Eropa dan Amerika Serikat.

Direktur Kauangan Bank Mandiri Pahala N Mansury mengatakan, meski pada triwulan III-2011 penyaluran kredit di sektor korporasi mengalami perlambatan, namun perolehannya memberi kontribusi cukup besar bagi perseroan. "Pada triwulan I korporasi menyumbang 14 persen, triwulan II 19 persen, dan diharapkan pada September ini angkanya mencapai 21 persen," ujar Pahala, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (12/10).

Menurutnya, saat ini pertumbuhan kredit paling besar terdapat pada sektor small business dan business banking. Karena itu, pihaknya juga terus mendorong peningkatan pada dua sektor itu. Dia menjelaskan, melambatnya penyaluran kredit korporasi akibat dari kondisi perekonomian global yang masih belum memiliki kepastian kapan waktunya akan kembali pulih.

"Saat ini situasi makro ekonomi global juga ada perlambatan. Perlambatan kredit korporasi mungkin akan terjadi di triwulan IV karena ada perlambatan penyaluran kredit yang menggunakan dolar AS," katanya.

Pahala melanjutkan, meski penyaluran kredit tidak setinggi seperti triwulan sebelumnya, pihaknya meyakini penyaluran kredit korporasi masih akan berada di atas 23 persen. "Sekarang kami memang lebih selektif memilih perusahaan yang akan diberikan kredit. Memang selama ini mereka banyak yang ekspor ke negara-negara yang terkena dampak krisis global," jelasnya. [Wahyu Sabda Kuncahyo/Pay]