Sabtu, 24 Agustus 2019 | 02:49 WIB
Perusahaan AS memilih Pertamina karena dinilai lebih fleksibel dalam negosiasi
Pelumas Pertamina Siap Rambah Pasar AS
Jumat, 21 Oktober 2011 | 14:03 WIB
-
PT Pertamina (Persero) memastikan bakal melakukan ekspansi pasar Pelumas ke Amerika Serikat (AS), 2012 nanti.     

"Ekspansi pelumas Pertamina ke AS, tepatnya di Seattle pada 2012, tidak diperkirakan sebelumnya karena perusahaan awalnya menargetkan baru pada tahun 2016," kata Asisten Manajer Marketing Luar Negeri PT Pertamina Nugroho Setyo Utomo di Pekanbaru, Jumat (21/10).

Dia menjelaskan, rencana tersebut dipercepat karena sebuah perusahaan AS melakukan pendekatan ke Pertamina untuk mendapatkan pelumas untuk industri. "Selain karena kualitas produk kami, perusahaan AS itu memilih Pertamina karena dinilai lebih fleksibel dalam negosiasi," ujarnya.

Peluang itu, lanjutnya, langsung disambut Pertamina dengan menjajaki kerja sama (partnership) untuk memproduksi pelumas di AS. Apabila prospek bisnis di AS dinilai menguntungkan, Nugroho mengatakan, tak tertutup kemungkinan Pertamina bakal membangun pabrik pengemasan oli di negeri Paman Sam itu.

Pada tahun depan Pertamina juga akan melakukan ekspansi bisnis ke Indocina dan China. Jalan masuk menguasai pasar Indocina adalah dengan cara mengakuisisi sebuah fasilitas atau pabrik pelumas yang ada di Thailand. Sedangkan strategi bisnis di China adalah dengan mengakuisisi produk lokal.

"Dalam melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri kami menerapkan strategi yang berbeda dengan mempertimbangkan efisiensi dan budaya setempat," ujarnya.

Sejauh ini, produk pelumas perusahaan BUMN itu telah merambah ke 19 negara di dunia. (buj)