Selasa, 22 Oktober 2019 | 08:04 WIB
Sampai saat ini WP yang mebayar pajak dari tempatnya berkerja barulah tiga persen.
SPN Targetkan 1,5 Juta Wajib Pajak Baru
Jumat, 30 September 2011 | 15:05 WIB
Menteri Keuangan Agus Martowardjojo (Skalaknews/Eddy Tarigan) -
Skalanews - Menteri Keuangan Agus Martowardjojo menargetkan 1,5 juta wajib pajak yang akan dicapai dalam penyelenggaraan Sensus Pajak Nasional (SPN) yang dimulai hari ini.

Menurutnya, sekarang ini wajib pajak yang patuh membayar pajak jumlahnya sangat sedikit sekali dari total jumlah penduduk di Indonesia.

"Sekarang ini WP yang membayar pajak masih terbatas sekali karena di sisi perusahaan atau badan usaha mungkin baru tiga persen yang bayar pajak. Sedangkan atas nama pribadi yang bayar pajak baru tujuh persen," ujar Agus, usai peluncuran SPN, di Mangga Dua Square, Jakarta, Jumat (30/9).

Agus menambahkan, jumlah wajib pajak seharusnya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, karenanya pemerintah menargetkan ada 1,5 juta wajib pajak yang telah menjalankan kewajibannya hingga akhir tahun 2011 ini.

"Idealnya ini harus meningkat, jadi kita harapkan pada akhir tahun 2011 ada tambahan WP 1,5 juta. Ini yang akan dilakukan di seluruh 300 kantor pajak di seluruh Indonesia, melakukan sensus pajak tadi," tegas Agus.[Wahyu Sabda Kuncahyo/Pay]