Jumat, 18 Oktober 2019 | 10:47 WIB
Dari 110 juta wajib pajak, baru 8,5 juta saja yang membayar pajak.
Pemerintah Targetkan Penerimaan Negara Rp878 triliun dari SPN
Jumat, 30 September 2011 | 15:50 WIB
Menteri Keuangan agus Martowardjojo -
Skalanews - Pemerintah menargetkan penerimaan sebesar Rp878 triliun dalam APBN-P 2011 bisa tercapai dari penyelenggaraan Sensus Pajak Nasional (SPN).

Menteri Keuangan Agus Martowardjojo mengatakan, ketertiban para wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya bisa ditingkatkan dari tahun ke tahun, sehingga target penerimaan keuangan negara yang telah ditentukan bisa tercapai.

"Dengan sensus pajak ini, kita harapkan untuk seterusnya dengan jumlah yang meningkat, sehingga penerimaan pajak yang ditargetkan tahun ini bisa tercapai," ujar Agus, di Jakarta, Jumat (30/9).

Menurutnya, untuk meningkatkan jumlah penerimaan pajak tentunya perlu dukungan dari berbagai pihak, khususnya para wajib pajak. Pasalnya, kesadaran untuk membayar pajak selama ini masih rendah.

Dari 110 juta wajib pajak, baru 8,5 juta saja yang membayar pajak. Di mana tingkat kepatuhan baru mencapai 7,3 persen. "Jadi tingkat kepatuhan wajib pajak pun belum terpenuhi atau masih rendah," katanya.

Sementara itu, lanjut Agus, untuk wajib pajak yang berupa badan usaha, yang menyerahkan Surat Pemberutahuan (SPT) tahunan baru sekitar 466 ribu dari badan usaha yang berdomisili tetap sekitar 12 juta lebih, sehingga tingkat kepatuhan masih rendah.

"Sensus pajak ini bersifat proaktif, dengan kata lain menjemput menjemput langsung untuk melakukan penjelasan dan penyuluhan tentang wajib pajak. Dengan demikian penerimaan negara  bisa ditingkatkan, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sungguh tidak adil jika sebagian masyarakat yang bayar pajak, tapi di sisi lain ada yang tidak membayar pajak," jelas Agus.[Wahyu Sabda Kuncahyo/pay]