Kamis, 13 Desember 2018 | 07:44 WIB
Penyaluran KUR bergeser ke sektor hulu dari sebelumnya di sektor perdagangan.
Tahun Depan Pemerintah Targetkan KUR Rp30 triliun
Senin, 3 Oktober 2011 | 11:49 WIB
Menko Perekonomian Hatta Rajasa -
Skalanews - Pemerintah telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp21,5 triliun. Melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp20 triliun.

"NPL (non performing loan) dilaporkan tadi sangat rendah, di bawah empat atau tiga persenan. Ini menunjukkan bahwa KUR ini cukup sukses untuyk membantu masyarakat, dan masyarakat peminjam KUR pun mereka mengambalikan dengan baik," ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa, di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta (3/10).

Dia menjelaskan, rata-rata aktivitas perbankan dalam penyaluran KUR naik. Sehingga KUR menjadi komersial. "Dari data yang ditunjukkan menunjukkan capaian 25 persen untuk sektor hulu, ini tercapai, dan perbankan kita komit. Tahun depan kita akan (salurkan) Rp30 triliun," lanjut Hatta.

Ditambahkannya, penyaluran KUR bergeser ke sektor hulu dari sebelumnya di sektor perdagangan. Pada sektor ini, meningkat hingga 25 persen.

"Bahkan beberapa perbankan tadi melaporkan di atas 30 persen sudah berada di sektor hulu. Nah sektor ini penting karena itulah misalkan pada petani, ya bertani betul, kalau ikan ya bertambah ikan betul. Jadi itu, perindustrian juga sama," tegas Hatta.  [Wahyu Sabda Kuncahyo/Pay]