Kamis, 25 April 2019 | 21:03 WIB
"Kalau saya tidak setuju apabila kilang ditambah. Kalau bisa justru energi lain yang harus dikembangkan, apakah itu air, angin dan panas bumi."
Wamen ESDM: Daripada Bangung Kilang Mending Kembangkan Energi Baru
Kamis, 27 Oktober 2011 | 14:58 WIB
-
Skalanews - Menurunnya kecenderungan cadangan energi fosil, membuat Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo tidak setuju Indonesia melakukan penambahan kilang baru. Ketimbang hal tersebut dilakukan, akan lebih baik mengembangkan sumber energi lain yang bisa dimanfaatkan.

"Kalau saya tidak setuju apabila kilang ditambah. Kalau bisa justru energi lain yang harus dikembangkan, apakah itu air, angin dan panas bumi," katanya saat ditemui di kantor ESDM, Jakarta, Kamis.

Dengan pengembangan energi yang terbarukan tersebut, ia memprediksi, banyak manfaat yang bisa dihasilkan ketimbang dengan penggunaan energi fosil. Sehingga, ia mengharapkan, investasi di kilang sebaiknya dialihkan saja untuk pengembangan energi terbarukan tersebut.

"Kalau ganti energi lain kan tidak perlu pakai BBM, sementara untuk BBM sendiri bisa kita ekspor. Ini yang harus kita perhatikan," imbuhnya.

Indonesia dilimpahi Pencipta berbagai kemewahan. Paling mencolok sorotan sinar matahari yang sulit ditakar kandungan energi potensialnya; namun entah kenapa pemerintah tidak pernah mau serius mengembangkan sumber energi ini dan lebih tertarik pada tawaran para investor perminyakan.

Dengan harga minyak mentah dunia yang cenderung meroket, APBN semakin tergerus untuk membeli minyak dari negara-negara eksportir. [mad]