Kamis, 21 Februari 2019 | 07:08 WIB
"Terkait banjir Thailand, pasokan sedan dan Hilux dihentikan. Kami masih menunggu perkembangan lebih lanjut dari Toyota Thailand."
Pasokan Mobil Toyota ke Indonesia Terhambat Banjir Thailand
Sabtu, 29 Oktober 2011 | 22:03 WIB
-
Skalanews - Pasokan mobil Toyota seperti Yaris, Corolla, Altis, Camry dan Hilux ke Indonesia dipastikan terhenti untuk sementara waktu. Pangkalnya, karena bencana alam banjir yang saat ini melanda Thailand.

"Terkait banjir Thailand, pasokan sedan dan Hilux dihentikan. Kami masih menunggu perkembangan lebih lanjut dari Toyota Thailand," ujar Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan di Jakarta Jumat (28/10).

Terkait hal tersebut, lanjut dia, pihaknya tidak bisa memastikan apakah produksi mobil Toyota yang selama ini di produksi di Thailand akan di pindahkan ke Indonesia. "Hingga saat ini, Indonesia hanya memproduksi Kijang Innova," ungkapnya.

Sedangkan menurut Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto sulit untuk mengoptimalkan Jepang dalam memasok mobil ke Indonesia guna menggantikan pasokan mobil dari Thailand. "Spesifikasi dan jenis produk mobil Jepang berbeda dengan Indonesia," katanya.

Banjir yang melanda negeri gajah putih itu memaksa Gabungan Industri Kendaraan Motor Indonesia (Gaikindo) mengurangi target penjualan mobil tahun ini yang sebelumnya sebanyak 870.000 - 880.000 unit menjadi 840.000 unit. Pada September, Gaikindo mencatat penjualan mobil di Indonesia sebanyak 685.000 unit dan pangsa pasar Toyota sebesar 36% dari total penjualan Gaikindo.

Kendati demikian, Joko menegaskan untuk para pelanggan Toyota di Indonesia tidak perlu khawatir terkait suku cadang. Mengingat sekitar 65 persen suku cadang Toyota buatan lokal dan bisa diimpor dari Jepang. [mad]