Rabu, 26 Februari 2020 | 20:44 WIB
Komisioner KY Laporkan Balik Hakim Sarpin ke Bareskrim Polri
Senin, 28 September 2015 | 17:33 WIB
Hakim Sarpin Rizaldi - [Deni Hardimansyah/Skalanews]

Skalanews - Komisioner Komisi Yudisial (KY) Taufiqurrahman Syahuri akhirnya melaporkan balik hakim praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Sarpin Rizaldi ke Bareskrim Polri. Taufiq sendiri sudah berstatus tersangka atas pencemaran nama baik hakim Sarpin.

"Saya akan melaporkan balik. Ada dua laporan akan saya sampaikan, pencemaran nama baik dan penghinaan," kata Taufiq usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (28/9).

Pencemaran nama baik sebagaimana Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP serta penghinaan pejabat negara sebagaimana Pasal 316 dan 319 KUHP.

"Laporan telah dimasukan atas dugaan pencemaran nama baik dan fitnah yang disampaikan Sarpin ke media massa," timpal kuasa hukum Taufiq, Dedi J Syamsuddin.

Pernyataan Sarpin yang dinilai mencemarkan nama baik dan fitnah sebagaimana yang diberitakan di media online Detik News pada 6 Maret lalu. Adapun kata-kata yang dimaksud sebagai berikut:

'Itulah... Makanya biar saya tanya dia (Komisioner KY) sanggup tidak? Biar diulang saja sidangnya, suruh dia menyidangkan. Mampu tidak dia? Asal ngomong saja dia'

'Coba bilang itu diajaknya bertinju pun saya siap. Ini saya sudah panas ini. Harga diri saya sudah diinjak-injak. Enggak peduli saya,'

Disambung Dedi, laporan yang ditempuh kliennya adalah shock therapy untuk Sarpin. Dengan kata lain, tak hanya Sarpin saja yang bisa melapor ke kepolisian.

"Artinya dia (Sarpin-red) bisa melaporkan pidana. Kenapa pak Taufiq tidak mampu juga," tutupnya. (frida astuti/bus)