Jumat, 19 April 2019 | 12:12 WIB
Apple merasa gerah dengan Samsung karena merusak pasarnya.
Samsung Gugat Apple Karena Melanggar Hak Paten
Minggu, 24 April 2011 | 21:58 WIB
Pertempuran bisnis itu baru dimulai -
Seoul - Seminggu setelah Apple Inc (AAPL) mengajukan gugatan di pengadilan federal AS dengan tuduhan Samsung Electronics Co perusahaan asal Korea Selatan telah menjiplak desain iphone dan iPadnya. Nampaknya hal itu membuat perusahaan penghasil elektronik asal negeri gingseng itu tak tinggal diam. Kemarin, gilaran Samsung Electronics Co gugat Apple Inc (AAPL) karena telah melakukan pelanggaran hak paten.

Tak tanggung-tanggung, gugatan tersebut diajukan oleh Samsung Electronics Co ke pengadilan di Seoul, Tokyo, Jepang dan Mannheim, Jerman. Dalam gugatannya, pihak Samsung menuding pihak Apple melanggar paten yang berhubungan dengan teknologi mobile komunikasi. Dalam pernyataan persnya, perusahan telkomunikasi asal negeri gingseng ini mengatakan bahwa pihaknya bertanggung jawab untuk melakukan tindakan hukum guna melindungi kekayaan intelektual.

Asal tahu saja, Samsung Electronics Co merupakan salah satu perusahaan yang dengan cepat mengembangkan telepon pintar di industri telekomunikasi. Dengan produk terbarunya telepon pintar Galaxy maupun komputer tablet yang menggunakan sistem Android Google, menjadi penantang utama bagi produk buatan Apple yaitu iPhone dan iPad. Kedua jenis telepon pintar dan komputer tablet itu memang memiliki kemiripan. Namun ternyata, Samsunglah penyedia komponen chip dan layar LCD bagi Apple.

Atas gugatan Samsung Electronics Co, Steve Dowling juru bicara Apple, menolak berkomentar dan mencoba mengembalikan persoalan seperti yang yang telah dilakukan perusahaanya mengenai pelanggaran desain. Sementara itu Chief Executive Officer Apple Inc Steve Jobs, mengatakan Apple selama ini bergantung pada Samsung guna memasok microchip dan LCD untuk produk Applenya. Namun sayang di tahun 2011 samsung justru memproduksi untuk perusahaannya sendiri sekaligus menjadikan tahun ini segai tahun  "Tahun copycats" tandasnya seperti dilansir blomberg.

Chang Laut Jin profesor bisnis di National University of Singapore melihat sengketa kedua perusahaan ini sebagai perang bisnis. Ia mengatakan "Apple mencoba mengganggu Samsung - mereka melempar bola agar bisa pergerakan Samsung bisa mereka batasi," ujarnya. Secara lebih jah ia menegaskan, "Ini murni bisnis. Cara khas untuk menangani kasus-kasus seperti ini adalah melakukan gugatan balik. Ini bukan antara manajemen Samsung dan Apple, melainkan hanyalah pengacara mereka saja untuk saling memberik kabar keluar. " jelasnya.

Pelanggaran Paten

Harus diketahui, Samsung adalah perusahaan terbesar penghasil chip memori untuk menyimpan data, dan Apple adalah salah satu perusahaan yang menggunakannya. "Apple mungkin mencoba diversifikasi pemasok mereka dan mengurangi ketergantungan mereka pada Samsung," kata Chang Laut Jin. "Tapi tidak ada perusahaan lain yang memiliki biaya prouksi rendah seperti Samsung, sehingga Apple tidak terpisahkan dari Samsung kemungkinan sama sekali." Ucap professor bisnis itu.

Merujuk dalam berkas gugatannya juru bicara Samsung, James Chung mengatakan “Dalam gugatannya baik di Gugatan di Pengadilan Negeri Seoul Tengah, Tokyo dan Jerman menyebutkan bahwa  Apple melanggar paten Samsung berkaitan dengan standar komunikasi dan teknologi yang menghubungkan ponsel ke komputer pribadi untuk transfer data nirkabel,” ungkapnya.

''Samsung menanggapi secara aktif untuk tindakan hukum diambil terhadap kita untuk melindungi kekayaan intelektual kami dan untuk memastikan kami terus berinovasi dan pertumbuhan dalam bisnis komunikasi mobile, "tegasnya kemudian.

Sementara itu dalam pihak Apple menuding bahwa Samsung telah melanggar  tujuh paten yang telah ia miliki berhubungan dengan cara memahami gerakan perangkat Galaxy pengguna, termasuk memilih, bergulir, mencubit dan zooming. Selian itu Samsung juga melanggar tiga paten pada desain, termasuk wajah hitam datar dari iPhone dan iPad.  Telepon Galaxy dan tablet, yang menggunakan Google Inc (GOOG) 's software Android, secara khusus dirancang untuk menyalin produk Apple.

Untuk itu Apple meminta kepada pihak pengadilan untuk memblokir penggunaan lebih lanjut hak paten dan merek dagang, bersama dengan kompensasi uang tunai dan "dana yang wajar untuk iklan perbaikan masa depan. Karena ponsel bisnis Samsung telah melewati batas,"  " ungkap Tim Cook, chief operating officer Apple

Sementara itu, Apple dan Google bersaing merebut pasar  smartphone dan tablet yang dinilai masih akan terus berkembang kedepannya. Google dengan software Android - yang digunakan oleh Samsung, Motorola Mobilitas Holdings Inc dan perusahaan lainnya diperkirakan akan mencapai 39,5 persen dari pengapalan smartphone global tahun ini, dibandingkan dengan 15,7 persen untuk Apple, menurut perusahaan riset pasar IDC.

Sementara untuk pasar computer tablet, iPad buatan Apple nampanya masih belum tersaingi sebagai penguasa dua-pertiga dari penjualan tahun ini, menurut Gartner Inc

Tak hanya dengan Samsung, Apple Inc pun terlibat dalam perkelahian paten dengan Motorola Holdings Mobilitas, seperti Microsoft Corp Apple pengacara juga berdebat di depan panel perdagangan federal di Washington bahwa pengguna lain Android, HTC Corp (2498), adalah melanggar paten lainnya. (pay)