Sabtu, 19 Januari 2019 | 08:11 WIB
"Kecemerlangan Jobs, semangat dan energi adalah sumber inovasi yang tak terhitung jumlahnya yang memperkaya dan meningkatkan semua kehidupan kita. Dunia ini akan lebih baik karena Jobs
Steve Jobs, Pendiri Apple Inc. Wafat
Kamis, 6 Oktober 2011 | 08:51 WIB
Steve Jobs, mantan CEO Apple meninggal dunia -
Skalanews - Apple Inc. mengumumkan bahwa pendiri perusahaan teknologi informasi asal AS itu, Steve Jobs, telah meninggal dunia. Jobs yang wafat pada usia 56 tahun setelah bertahun-tahun berjuang hidup akibat menderita penyakit kanker pankreas.

"Kecemerlangan Jobs, semangat dan energi adalah sumber inovasi yang tak terhitung jumlahnya yang memperkaya dan meningkatkan semua kehidupan kita. Dunia ini akan lebih baik karena Jobs," tulis dewan direksi Apple dalam pernyataan yang dirilis pada  Rabu (5/10) sore waktu setempat yang dikutip dari kantor berita CNN

Sebelumnya, Jobs sempat mengundurkan diri sebagai CEO Apple Inc. pada Agustus lalu setelah mengatakan dirinya tidak sanggup lagi secara rutin mengelola perusahaannya. Lalu, posisinya digantikan oleh Tim Cook sedangkan Jobs berstatus sebagai Chairman Apple Inc.

Jobs yang lahir di San Francisco pada 24 Februari 1955 itu dikenal sebagai pengusaha yang bertangan emas. Jobs mendirikan Apple pada saat dirinya baru berusia 21 tahun bersama dengan Steve Wozniak di sebuah garasi Altos, California pada 1976. Modal yang diperoleh dari hasil jual mobil Volkswagen seharga US$666,66 itu mereka mulai merintis usaha Apple dengan merakit sejumlah produk komputer desktop .

Pada 1980, Apple menjual saham kepada publik di saat menginjak usia 25, Jobs sudah menjadi jutawan. Tidak sampai empat tahun kemudian, Jobs mulai merilis produk menjadi terkenal berkat komputer Macintosh, pasar komputer massal pertama bagi para pengguna disain grafis dan mouse.

Namun, bentrokan dengan tim manajemen Apple menyebabkan pemecatan di tahun 1985 lalu Jobs mendirikan perusahaan workstation pada 1985. Dan, Jobs kembali ke Apple pada 1996 setelah mengakuisisi NeXT.

Jobs akhirnya kembali ke Apple pada 1997 dan menyelamatkan perusahaan itu dari ancaman kebangkrutan dan berhasil menjadikan Apple sebagai salah satu perusahaan terkemuka di dunia dengan menghasilkan sejumlah produk inovatif, seperti iPhone, Macbook, dan kini iPad. Bahkan dia juga sukses mendirikan perusahaan sinema kartun, Pixar Studio.

"Visi dan kepemimpinan luar biasa yang ditunjukkan Steve Jobs telah menyelamatkan Apple dan menuntunnya sebagai perusahaan teknologi yang paling inovatif," kata Art Levinson, Chairman dari Genentech, mewakili Dewan Direksi Apple, seperti dikutip Chicago Tribune.

Tambah Levinson,  Jobs telah membuat sumbangan yang luar biasa bagi kesuksesan Apple. Dia telah menginspirasi para staf Apple dan membentuk tim eksekutif yang luar biasa. Selamat jalan sang inovator...  (bus)

  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar