Senin, 20 Mei 2019 | 05:37 WIB
Berdasarkan hasil penelitian Cornell University, Facebook sangat ampuh meningkatkan self-seteem.
Facebook Bisa Memotivasi Seseorang
Selasa, 7 Juni 2011 | 14:05 WIB
-

Baru-baru ini, Cornell University merilis hasil penelitian mengenai seberapa besar pengaruh facebook untuk mengembalikan motivasi anda.

Dalam penelitian itu, sesorang yang sedang merasa sedih dan melankolis jangalah bercermin. Karena bercermin maka seseorang akan melihat dirinya dan rasa sedih itu justru makin akan bertambah. Namun ketika melihat situs jejaring sosial itu self- esteemnya meningkat.

Hal itu terjadi, karena umumnya Facebook (FB) berisi sisi positif dan menyenangkan dari seseorang. Baik itu foto, status, profil diri dan yang lainnya.

"Tidak seperti cermin yang mengingatkan kita siapa sebenarnya kita dan mungkin akan berdampak negatif pada rasa percaya diri jika gambaran itu tidak sesuai dengan standar ideal kita, FB bisa menunjukkan sisi positif dari diri kita," kata Jeffrey Hancock, salah seorang peneliti.

Dia menambahkan, FB bukan dimaksudkan untuk menipu diri, tetapi hanya membantu kita menampilkan sisi-sisi positif dan menyaring hal-hal yang membuat kita merasa buruk.

Dalam eksperimennya Hancock melibatkan 63 orang mahasiswa di Cornell University yang dilakukan di laboratorium media sosial di Universitas tersebut.

Kemudian, mahasiswa itu dibagi kedalam tiga kelompok. Kelompok pertama duduk menghadap komputer yang sedang menampilkan profil mereka di FB. Kelompok kedua duduk didepan komputer yang mati. Mereka yang menghadap komputer mati diberikan cermin. Sementara itu kelompok ketiga diminta mengedit profil FB mereka.

Setelah itu, para mahasiswa itu diminta mengisi kuisioner untuk mengukur self-esteem mereka. Hasilnya, mahasiswa yang melihat profil di FB mereka dan mengeditnya memiliki kadar self-esteem yang paling tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian itu, maka para peneliti berkesimpulan bahwa mengedit profil di FB berarti kesempatan untuk mengoptimalkan presentasi yang baik tentang diri sendiri. Karena dengan seperti itu, maka pengguna FB bisa memilah hal apa yang ingin mereka tampilkan tentang dirinya termasuk foto dan profil dirinya yang dikemas secara ideal. (pay)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar