Kamis, 23 Mei 2019 | 01:50 WIB
Sistem ini sebenarnya sudah berjalan sejak Februari lalu, namun saat itu hanya dalam bahasa Inggris.
Perkuat Keamanan, Google Rilis Sign-in Anyar
Sabtu, 6 Agustus 2011 | 13:54 WIB
-
Untuk mengantisipasi penyusupan hacker, Google merilis sistem sign-in baru dengan autentifikasi dua langkah dalam 40 bahasa di 150 negara jangkauannya.

Sistem ini sebenarnya sudah berjalan sejak Februari lalu, namun saat itu hanya dalam bahasa Inggris. Saat ini Google telah menambahkan layanan penerimaan kode melalui SMS dan pesan suara di lebih banyak lagi negara agar mereka yang tidak menggunakan aplikasi Google Authenticator di smartphone tetap bisa menikmati fitur keamanan baru ini.

Sistem keamanan baru itu menggabungkan password dan kode verifikasi. Kode itu dihasilkan oleh aplikasi Google di smartphone iPhone, Android, dan Blackberry atau dikirimkan kepada pengguna melalui SMS maupun pesan suara.

Akun Google tersebut kemudian bisa diakses hanya setelah kode dimasukkan. Kode verifikasi tersebut valid untuk satu sesi sign-in atau bisa dibuat valid hingga 30 hari.

Nishit Shah, Product Manager bidang Keamanan Google, menjelaskan sistem baru itu mengurangi risiko keamanan secara signifikan.

Dia menambahkan, sistem keamanan dua langkah ini dibuat setelah pada Juni lalu, password dari ratusan akun Gmail bocor, termasuk milik petugas pemerintah Amerika, aktivis politik China, petugas-petugas pemerintah di beberapa negara Asia, anggota militer, dan juga jurnalis, yang kesemuanya itu disinyalir terkumpul di Jinan, China. (zhank's)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar