Minggu, 23 Februari 2020 | 18:12 WIB
Trend Micro menemukan adanya penyebaran virus lagi melalui status jejaring sosial facebook yang diberi nama perintah clikjacking dalam share
Hati-Hati, Virus Clickjacking Mulai Serang Akun Facebook
Senin, 5 September 2011 | 19:33 WIB
-
California, AS – Hati-hati bila ada perintah pesan clickjacking pada saat buka akun Facebook dengan iming-iming berupa hadiah atau apapun. Karena bisa jadi perintah untuk mengklik itu merupakan virus yang akan menyerang dan merusak sistem komputer 

Pasalnya, perusahaan Antivirus dan Security Internet, AS, Trend Micro menemukan adanya penyebaran virus lagi melalui status jejaring sosial facebook.com.

Melalui situs resminya, Trend Micro pada akhir pekan kemarin menemukan perintah bernama clickjacking yang merupakan salah satu cara dalam menyebarkan virusnya. Dalam penyebaran virusnya, clickjacking menggunakan jebakan dengan menaruh tiket gratis untuk menonton Twilight Saga.

Menurut Jack Soriano menjelaskan bahwa pengguna Facebook diharuskan mengklik selebaran tersebut guna mendapatkan tiket gratis, padahal pengguna akun facebook tidak tahu jika klik itu merupakan jebakan.

"Dengan melakukan klik terhadap selebaran Twilight Saga maka clickjacking akan langsung menyebarkan virusnya," paparnya.

Ia juga menambahkan pengguna jejaring sosial itu juga jangan melakukan share dalam selebaran tersebut,  jika melakukan share maka penyebaran virus akan bertambah banyak.

"Jika pengguna mengklik "Share Link" maka postingan dan virus tersebut akan menyebar dan memakan korban. Untuk itu abaikan selebaran tersebut jika tidak menginginkan virus tersebut masuk ke dalam PC anda," tambahnya.

Perintah clickjacking adalah teknik menipu bagi pengguna sembarangan web untuk mengungkapkan informasi rahasia atau mengambil alih komputer. Sementara mengklik pada halaman web yang seolah-olah tampaknya tidak berbahaya.

Ini sebuah kerentanan di berbagai browser dan platform sehingga virus dengan teknik clickjacking mengambil bentuk kode tertanam atau script yang dapat mengeksekusi tanpa sepengetahuan pengguna, seperti mengklik pada tombol yang muncul untuk melakukan fungsi lain.

Clickjacking ini dimungkinkan karena fitur yang tampaknya tidak berbahaya dari HTML halaman web dapat digunakan untuk melakukan tindakan tak terduga. (dip)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar