Jumat, 19 Juli 2019 | 10:56 WIB
Internasional
Al-Qaeda Klaim Bertanggung Jawab Atas Kematian Tentara Suriah
Senin, 11 Maret 2013 | 15:40 WIB
Ilustrasi - [Foto: ist]

Skalanews - Kelompok militan Al-Qaeda mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap konvoi militer Irak yang mengawal sebuah bus yang membawa tentara Suriah. Akibat serangan itu 48 tentara Suriah tewas.

Pernyataan itu dimunculkan dalam situs Islam yang banyak diakses oleh pejuang Islam di gurun Provinsi Anbar, Senin (11/3). "Sepenuhnya menghancurkan konvoi Safawi (Irak) dengan tentara bus yang membawa anggota tentara (Suriah) Nusairi."

Safawi mengacu pada dinasti Iran (1499-1736) yang didirikan Islam Syiah. Pendirian itu sebagai agama resmi negara dan sering melawan Islam Sunni. Sedangkan Nusairi mengacu pada sekte Alawite, sebuah cabang dari Islam Syiah.

Pernyataan itu menyebutkan, serangan itu terjadi setelah intelijen Al-Qaeda mengikuti pengiriman tentara Suriah oleh Irak menyusul pertempuran dengan pemberontak yang merebut perbatasan, titik persimpangan antara Provinsi Niniwe sebelah utara Irak.

Pada tanggal 4 Maret, pemerintah Irak di Provinsi Anbar mengumumkan sebanyak 35 tentara Suriah tewas dalam serangan itu. Namun, belakangan Kementerian Pertahanan Irak mengatakan, sebanyak 48 tentara Suriah tewas dan sembilan tentara Irak. (Xinhua/kgi)