Senin, 14 Oktober 2019 | 04:00 WIB
Internasional
Pemerintah Iran melumpuhkan teroris dukungan Israel
Teroris Dukungan Israel Dilumpuhkan Iran
Selasa, 5 April 2011 | 19:31 WIB
Komandan Penjaga Perbatasan Iran Brigadir Jenderal Hossein Zolfaghari -
Komandan Penjaga Perbatasan Iran Brigadir Jenderal Hossein Zolfaghari mengatakan terjadi baku tembak antara pasukan bersenjata Iran dan teroris di wilayah barat Iran selama hari terakhir.

Empat tentara Iran tewas dan lima lainnya luka-luka dalam salah satu bentrokan  di dekat kota perbatasan kota Marivan, barat laut Provinsi Kurdistan pada Jumat malam.

"Bentrokan meletus setelah milisi teroris PJAK berusaha untuk menguasai pos penjaga perbatasan. Bentrokan berlangsung 45 menit, Sejumlah petugas tewas dan terluka. Empat teroris PJAK juga tewas dan terluka, "kata Zolfaghari kepada Press TV Selasa (5/4).

Sementara itu, Komandan Korps Pasukan Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Brigadir Jenderal Mohammad Pakpour mengatakan pasukan IRGC berhasil menangkap dan membunuh dua milisi teroris dalam bentrokan sebelumnya yang juga terjadi di Iran barat pada 24 Maret lalu.

PJAK adalah cabang dari Partai Buruh Kurdistan (PKK) yang diakui secara internasional sebagai kelompok teroris, dan melakukan operasi mematikan di Iran barat, Irak utara dan Turki selatan.

PKK melancarkan berbagai serangan terhadap pasukan pemerintah Turki dari Pegunungan Qandil, di daerah-daerah yang berada di bawah kontrol Pemerintah otonomi Kurdistan, Irak, yang dipimpin Massoud Barzani. Adapun PJAK, terlibat dalam serangan bersenjata dengan pasukan keamanan Iran di sepanjang perbatasan dengan negara tetangga Irak.

Israel dan perusahaan-perusahaan raksasa rezim Zionis beroperasi di pegunungan utara Irak, dan diyakini memiliki hubungan dekat dengan kelompok teroris semacam PKK dan PJAK.