Kamis, 25 April 2019 | 01:39 WIB
Internasional
Ini tidak layak bagi siapa saja untuk mengaitkan atau membandingkan Cina dengan beberapa negara di Asia Barat dan Afrika Utara yang menghadapi gejolak
Cina Serang Balik Kritikan Clinton Soal HAM
Minggu, 15 Mei 2011 | 18:32 WIB
Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton/foto.dok -
Kementerian Luar Negeri Cina mengkritik keras pernyataan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton tentang catatan hak asasi manusia Negeri Tirai Bambu itu. Clinton menyebut rekor pelanggaran HAM di Cina sangat menyedihkan bagi pemerintahan yang menolak demokrasi dan menuduh Beijing mencoba untuk menghentikan perjalanan sejarah.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Jiang Yu, Sabtu (14/5) mengecam pernyataan itu dan menyebutnya tidak pantas. "Ini tidak layak bagi siapa saja untuk mengaitkan atau membandingkan Cina dengan beberapa negara di Asia Barat dan Afrika Utara yang menghadapi gejolak," kata Jiang dalam sebuah pernyataan.

"Setiap upaya untuk mengarahkan gejolak Timur Tengah ke Cina dan mengubah jalur pembangunan yang dipilih oleh rakyat Cina, akan sia-sia," tambahnya.

Komentar Clinton juga memicu kritik di kalangan rakyat Cina. Sebuah jajak pendapat online menunjukkan bahwa 86 persen responden merasa Clinton tidak menghormati negara mereka.

Perkembangan terbaru muncul di tengah memburuknya hubungan antara Beijing dan Washington terkait beberapa isu, termasuk perdebatan mata uang dan penjualan senjata AS ke Taiwan.
Cina telah mengurangi kerjasama militer dengan AS karena kasus penjualan senjata ke Taiwan. Cina menganggap pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya. [mad]