Senin, 9 Desember 2019 | 19:24 WIB
Internasional
Pemerintah harus membayar 111 ribu dolar uang kompensasi kepada Lee Kwang-Su.
Pengungsi Korut Dapat Kompensasi
Kamis, 19 Mei 2011 | 19:47 WIB
-
Pengadilan tinggi Korea Selatan memutuskan pemerintah membayar kompensasi lebih banyak atas seorang pengungsi Korea Utara yang mengatakan keluarganya di Utara dipenjara setelah pejabat di Seoul membocorkan identitasnya, Kamis (19/5).

Pemerintah harus membayar 111 ribu dolar uang kompensasi kepada Lee Kwang-Su. Dia berungkali minta pejabat yang menginterogasi pada kedatangannya tahun 2006 untuk tidak membocorkan identitas karena takut keluarganya dicelakai pemerintah Korut.

Dia tiba di Korea Selatan bersama istri dan dua anaknya. Keluarga tersebut berencana pergi ke Jepang dan mencari suaka di kedubes Amerika di sana. Menurut Lee, 22 anggota keluarganya dikirim ke penjara untuk tahanan politik dan dia yakin mereka sudah divonis mati.

Pengadilan mengakui pemerintah Korsel lalai dengan membocorkan identitasnya, namun tidak ada bukti tentang nasib keluarganya. Korea Selatan adalah rumah bagi 21 ribu warga Korea Utara yang mengungsi akibat kelaparan atau tekanan politik. Sering ada laporan keluarga yang ditinggalkan menerima pembalasan dendam. [mad]