Sabtu, 25 Januari 2020 | 12:44 WIB
Internasional
Korea Selatan mengerahkan sejumlah misil darat-ke-darat setelah Korea Utara mengancam akan melakukan serangan militer.
Korsel Kerahkan Misil Jarak Jauh ke Korut
Jumat, 17 Juni 2011 | 22:48 WIB
Korut versus Korsel -
Media Korea Selatan mengatakan militer Korea Selatan telah mengerahkan misil-misil yang dikendalikan dengan tepat dekat perbatasan Korea Utara yang mampu menyerang Pyongyang.

Militer Korea Selatan baru-baru ini mengerahkan sejumlah misil darat-ke-darat setelah Korea Utara mengancam akan melakukan serangan militer untuk membalas tindakan Korea Selatan yang pernah menggunakan gambar-gambar anggota keluarga penguasa Korea Utara sebagai target latihan menembak.

Misil-misil tersebut dilaporkan memiliki jarak tembak efektif 165 kilometer dan dapat ditembakkan dari beberapa tempat peluncuran roket. Korea Selatan telah membeli 220 misil taktis darat-ke-darat dari Amerika Serikat.

Dalam perkembangan terkait, Korea Selatan mengatakan pihaknya tidak akan mengembalikan 9 orang pencari suaka dari Korea Utara yang menyeberang perbatasan maritim dengan perahu seminggu lalu, walaupun Pyongyang menuntut pemulangan mereka.

Ke-9 warga Korea Utara itu ditemukan Sabtu malam terombang-ambing dalam dua perahu kecil di Laut Kuning. Palang Merah Korea Selatan mengirim pesan kepada Palang Merah Korea Utara hari Jumat yang mengatakan ke-9 orang itu telah menyatakan mereka ingin membelot, jadi Palang Merah akan menangani kasus mereka sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Pyongyang memperingatkan hari Kamis bahwa  hubungan tegang dengan Seoul akan memburuk kalau ke-9 pembelot itu tidak dipulangkan. [mad]