Rabu, 22 Mei 2019 | 13:50 WIB
Internasional
"Hasilnya adalah jelas. Partai Puea Thai telah memenangkan pemilihan dan Demokrat dikalahkan."
PM Thailand Mengaku Kalah dalam Pemilu
Senin, 4 Juli 2011 | 10:39 WIB
-
Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva mengakui kekalahan dalam pemilihan umum Thailand setelah partai oposisi utama meraih kemenangan telak. "Hasilnya adalah jelas. Partai Puea Thai telah memenangkan pemilihan dan Demokrat dikalahkan," kata Vejjajiva di tengah pendukungnya di Bangkok pada Minggu (3/7).

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada Partai Phuea Thai yang berhak untuk membentuk pemerintah. Saya akan memberikan kesempatan kepada Yingluck, wanita pertama yang akan membentuk pemerintahan. Partai Demokrat siap untuk beroposisi," katanya menambahkan.

Setelah hampir semua suara dihitung, Partai Puea Thai telah mengamankan 261 dari 500 kursi parlemen. Partai Pheu Thai, digambarkan oleh banyak orang sebagai alat untuk melindungi mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, yang dipimpin oleh adik perempuannya, Yingluck Shinawatra.

Kemenangan bagi partai tersebut bisa berarti kembalinya Thaksin dari pengasingan ke panggung politik. Thaksin digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006.

Ia masih sangat populer di kalangan warga miskin pedesaan, yang telah sering menggelar demonstrasi untuk memintanya kembali ke kekuasaan. [mad]