Kamis, 12 Desember 2019 | 10:38 WIB
Internasional
Badan Meteorologi Jepang mengatakan tsunami kecil mencapai pantai Pasifik utara Jepang pada Minggu setelah gempa kuat melanda kawasan yang rusak berat oleh gempa besar dan tsunami pada bulan Maret.
Timur Laut Jepang Diguncang Gempa, Picu Tsunami Kecil
Minggu, 10 Juli 2011 | 15:25 WIB
Beberapa warga Jepang melakukan terjun tebing di pantai Mihama dekat PLTN di kota Mihama. Tsunami kecil mencapai Jepang Minggu (10/7), namun tak dilap -
Gempa kuat berkekuatan 7 Skala Richter melanda pantai timur laut Jepang Minggu (10/7). Akibatnya memicu peringatan kemungkinan kecil tsunami.

Dilaporkan Voanews.com, Badan Meteorologi Jepang mengatakan tsunami kecil mencapai pantai Pasifik utara Jepang pada Minggu setelah gempa kuat melanda kawasan yang rusak berat oleh gempa besar dan tsunami pada bulan Maret.

Badan itu mengatakan kota pelabuhan Ofunato di prefektur Iwate terkena tsunami setinggi 10-sentimeter pada pukul 10:44 pagi sebelum peringatan tsunami dibatalkan.

Sebelumnya, badan meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa dengan berkekuatan 7 Skala Richter terjadi Minggu pagi di Samudra Pasifik di lepas pantai pulau Honshu, pulau utama Jepang.

Badan itu mengatakan gempa terjadi Minggu pagi waktu setempat di Samudra Pasifik di lepas pantai pulau Honsu, pulau besar di Jepang.

Peringatan tsunami setinggi setengah meter yang dibatalkan itu, tadinya dikeluarkan termasuk untuk wilayah Fukushima, yang rusak berat akibat gempa dan tsunami bulan Maret.

Gempa bumi dan tsunami bulan Maret menghancurkan sebagian besar wilayah pantai timur laut Jepang, dan menyebabkan 23.000 orang tewas atau hilang. Kedua bencana itu juga memicu krisis nuklir di fasilitas nuklir yang rusak parah di Fukushima. [mad]