Selasa, 20 Agustus 2019 | 23:11 WIB
Internasional
KPU Thailand tidak membeberkan alasan dihambatnya Yingluck, yang partainya Pheu Thai memenangkan langsung mayoritas 265 kursi dan berencana memerintah dengan berkoalisi dengan beberapa partai yang lebih kecil.
KPU Thailand Hambat Yingluck Jadi PM Thailand
Rabu, 13 Juli 2011 | 21:10 WIB
KPU Thailand belum mengesahkan kemenangan Yingluck Shinawatra dalam pemilu parlemen lalu - AP. -
THAILAND - Meski telah memenangi Pemilu dan dipastikan menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Tahiland, tak membuat jalan Yingluck Shinawatra mulus.

Sebab, Komisi pemilu Thailand menghambat langkah adik mantan PM Thaksin Shinawatra itu untuk menjadi orang nomor satu di pemerintahan.

Namun, KPU Thailand tidak membeberkan alasan dihambatnya Yingluck, yang partainya Pheu Thai memenangkan langsung mayoritas 265 kursi dan berencana memerintah dengan berkoalisi dengan beberapa partai yang lebih kecil.

Belakangan diketahui, KPU Thailand harus meninjau kembali kasusnya dan kasus calon-calon lain. Komisi tersebut diharuskan mengesahkan paling sedikit 475 dari ke-500 calon pada waktunya supaya parlemen dapat memulai tugasnya awal Augustus.

Yingluck termasuk di antara 142 dari 500 calon legislatif yang menang dalam pemilu bulan ini yang kemenangannya tidak disahkan oleh komisi Selasa malam karena adanya keluhan penipuan atau masalah lain.

Terpilihnya kembali ke parlemen Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva yang akan mengundurkan diri, juga tidak disahkan karena adanya keluhan mengenai pembelian suara. [mad/Voanews.com]