Jumat, 22 November 2019 | 10:13 WIB
Internasional
"Moskow secara aktif mendukung upaya Iran menggunakan energi nuklir untuk tujuan damai, dan Tehran tidak memiliki senjata nuklir apapun yang akan mengancam negara manapun."
Rusia Tegaskan Nuklir Iran Tidak Mengancam Eropa
Jumat, 29 Juli 2011 | 12:53 WIB
Utusan khusus Presiden Rusia untuk NATO, Dmitry Rogozin -
Rusia membantah tuduhan Barat bahwa Iran merupakan ancaman militer bagi Eropa. Bagi Rusia kekhawatiran tersebut merupakan gambaran yang tidak berdasar.

Utusan khusus Presiden Rusia untuk NATO, Dmitry Rogozin, pada Kamis (28/7) menolak klaim yang dipelopori Amerika Serikat terhadap program nuklir damai Iran.

"Moskow secara aktif mendukung upaya Iran menggunakan energi nuklir untuk tujuan damai, dan Tehran tidak memiliki senjata nuklir apapun yang akan mengancam negara manapun," kata Rogozin, sebagaiman dikutip IRNA Kamis (28/7).

Para pejabat Rusia menegaskan kembali sikap Moskow sebagai reaksi atas desakan Washington terkait sistem rudal di Eropa Timur dekat perbatasan Rusia untuk melawan kemungkinan ancaman rudal dari Iran dan Korea Utara terhadap Eropa.

Rusia telah lama menentang rencana kontroversial itu, dengan alasan bahwa sistem rudal di "halaman belakang" itu tidak bertujuan untuk mengamankan sekutu Eropa, namun efektif ditujukan untuk mengancam Rusia.

Moskow menyerukan untuk melakukan kontrol bersama Eropa Timur, dan mengatakan tujuan dari sistem perisai anti-rudal adalah untuk mengepung Rusia. Namun Washington menolak untuk berbagi tanggung jawab dalam melindungi negara-negara anggota NATO dengan pihak ketiga. [mad]