Selasa, 7 April 2020 | 20:12 WIB
Internasional
"Menurut informasi yang telah dibenarkan, saudara-saudara kami menangkap Saif al-Islam."
Pemberontak Tahan Dua Putra Gaddafi
Senin, 22 Agustus 2011 | 11:10 WIB
Saif al-Islam -
TRIPOLI (ANP) - Putra pemimpin Libia Muammar Gaddafi, Saif al-Islam, dikabarkan telah ditahan pemberontak. Demikian pemimpin pemberontak di Libya melaporkan seperti dikutip dari RNW.

"Menurut informasi yang telah dibenarkan, saudara-saudara kami menangkap Saif al-Islam," ujar ketua Dewan Transisi Nasional NTC. "Kami memerintahkan mereka supaya memperlakukan dia dengan baik, sehingga bisa diadili," katanya menegaskan.

Saif al-Islam memainkan peranan penting dalam rezim ayahnya. Juga putra lain Gaddafi, al-Saadi al-Gaddafi ditahan. Masih dipertanyakan apakah pernyataan NTC dapat dipercaya.

Sebelumnya juga dilaporkan bahwa satuan tentara yang bertanggung jawab atas keamanan Gaddafi, meletakkan senjata dan menyerahkan diri. Demikian stasiun televisi Arab al-Jazeera pada Minggu malam (21/8) berdasarkan informasi NTC. Juga garda presiden kabarnya menyerahkan diri.

NATO melaporkan para pemberontak yang masuk Tripoli dari pelbagai arah telah mencapai Lapangan Hijau di pusat kota. Dikabarkan, Gaddafi pada titik terakhir memohon gencatan senjata.

Sebelumnya pertempuran untuk menguasai ibukota Libya, Tripoli, menewaskan sedikitnya 1300 jiwa dalam 24 jam belakangan. Demikian juru bicara pemerintah Minggu malam (21/8) melaporkan.

Jubir Mussa Ibrahim mengatakan ribuan militer dan sukarelawan siap melindungi kota terhadap penentang pemimpin Libia Muammar Gaddafi.

Juru bicara menambahkan Gaddafi bersedia berunding dengan ketua Dewan Transisi Nasional yang mewakili para pemberontak. Ia mengimbau NATO membujuk para pemberontak menghentikan serangan terhadap Tripoli. Para pemberontak menuntut supaya Gaddafi menyerah atau lengser. [mad]

  
  
TERPOPULER
Index +