Kamis, 25 April 2019 | 01:04 WIB
Internasional
Ke-27 anggota Uni Eropa mencapai kesepakatan awal pada Rabu (31/8) dalam upaya untuk membantu Dewan Transisi Nasional Libya memulai kembali aktivitas perekonomian normal. Para diplomat mengatakan mereka memperkirakan kesepakatan akhir akan tercapai pada K
Sanksi BBM untuk Libya Bakal Dicabut
Kamis, 1 September 2011 | 20:00 WIB
Kilang Minyak Libya -
Diplomat-diplomat Uni Eropa mengatakan sanksi-sanksi atas sejumlah pelabuhan Libya, perusahaan eksplorasi minyak dan puluhan perusahaan lainnya dapat dicabut selambat-lambatnya pada Jumat (2/9) besok.

Ke-27 anggota Uni Eropa mencapai kesepakatan awal pada Rabu (31/8) dalam upaya untuk membantu Dewan Transisi Nasional Libya memulai kembali aktivitas perekonomian normal. Para diplomat mengatakan mereka memperkirakan kesepakatan akhir akan tercapai pada Kamis (1/9).

Sementara itu Perancis telah meminta komite pemberian sanksi Dewan Keamanan PBB untuk mengizinkan Perancis mencairkan lebih dari dua miliar dolar aset-aset Libya yang dibekukan.

Komite pemberi sanksi tersebut telah menyetujui permohoan serupa yang diajukan Inggris dan Amerika, dengan mencabut pembekuan atas lebih dari tiga miliar dolar aset Libya untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang mendesak.

Di Libya, ribuan orang merayakan berakhirnya bulan Ramadan di lapangan utama Tripoli, selagi pihak berwenang negara itu menekan agar pasukan yang setia kepada Moammar Ghadafi di kota kelahirannya Sirte, menyerahkan diri. [mad/VOA]