Kamis, 25 April 2019 | 21:16 WIB
Internasional
"Perundingan terkait perjanjian perdagangan bebas dengan Amerika sejak tahun 2009 ditangguhkan, hal itu dilakukan guna memprotes dukungan Washington atas serangan Israel ke Gaza. Dan kini dibatalkan sepihak oleh Malaysia."
AS Dukung Israel, Malaysia Putuskan Hubungan Dagang
Rabu, 14 September 2011 | 13:01 WIB
-
Menteri Perindustrian dan Perdagangan Malaysia, Musthafa Muhammad mengatakan, Malaysia membatalkan perjanjian perdagangan bebas antara Kuala Lumpur dan Washington. Kebijakan ini diambil karena dukungan Amerika Serikat kepada rezim Zionis Israel dan penistaan hak-hak warga Gaza.

IRNA melaporkan, Musthafa Muhammad dalam wawancara pada Selasa (13/9) mengatakan, "Perundingan terkait perjanjian perdagangan bebas dengan Amerika sejak tahun 2009 ditangguhkan, hal itu dilakukan guna memprotes dukungan Washington atas serangan Israel ke Gaza. Dan kini dibatalkan sepihak oleh Malaysia."

Musthafa Muhammad menjelaskan bahwa sejak dua tahun lalu tidak pernah terjadi perundingan antara Kuala Lumpur dan Washington soal masalah tersebut. Dijelaskan dia, Malaysia telah memutuskan untuk membatalkan perjanjian itu sebagai protes atas dukungan AS terhadap pembantaian warga Gaza.

"Malaysia akan ikut serta dalam dialog kesepakatan kemitraan Trans-Pasifik yang dihadiri delapan negara Pasifik," jelasnya.

Delapan negara Amerika, Australia, Brunei, Chile, Selandia Baru, Peru, Singapura dan Vietnam termasuk dalam perjanjian kemitraan trans-Pasifik. [mad]