Selasa, 21 Januari 2020 | 09:00 WIB
Internasional
Para jaksa mengatakan penduduk seharusnya diperingatkan untuk meninggalkan rumah mereka sebelum gempa melanda.
Lalai Laporkan Gempa, Ilmuwan Italia Dimejahijaukan
Rabu, 21 September 2011 | 23:42 WIB
Korban gempa yang melanda kota L'Aquila, Italia pada April 2009 -
Sekelompok pakar gempa Italia disidangkan pada Selasa atas tuduhan pembunuhan karena tidak memberi peringatan penduduk secara memadai sebelum gempa melanda. Gempa pada 2009 itu menewaskan lebih dari 300 orang di kota L'Aquila, Italia.

Ketujuh terdakwa termasuk ilmuwan dan pejabat pemerintah dituduh memberi informasi yang tidak lengkap dan bertentangan kepada penduduk di kawasan itu mengenai guncangan-guncangan kecil yang dirasakan sebelum gempa April 2009.

Para jaksa mengatakan penduduk seharusnya diperingatkan untuk meninggalkan rumah mereka sebelum gempa melanda. Sebagian besar kota itu luluh lantah. Para terdakwa mendapat dukungan dari ahli gempa di seluruh dunia yang mengatakan mustahil untuk meramalkan gempa.

Tahun lalu, sebanyak lima ribu lebih peneliti internasional menandatangani petisi yang mendukung rekan Italia mereka dan memperingatkan risiko tuntutan hukum bisa mematahkan semangat ilmuwan dan pejabat mengeluarkan pendapat.

Sebagian besar sidang hari Selasa menyangkut langkah-langkah prosedural. Sidang berikutnya dijadwalkan tanggal 1 Oktober. [mad]