Selasa, 23 April 2019 | 13:12 WIB
Internasional
Dalam tiga bulan jumlah pengangguran di Inggris meningkat dari 114 ribu menjadi 2,57 juta orang.
Inflasi di Inggris Merangkak Naik
Rabu, 19 Oktober 2011 | 12:21 WIB
-
Berdasarkan laporan resmi, inflasi di Inggris pada September lalu meningkat hingga 5,2 persen. Kantor berita IRNA melaporkan, Kantor Statistik Nasional Inggris Selasa (18/10) mengumumkan bahwa tingkat inflasi pada September dibanding Agustus, meningkat 0,7 persen, sehingga mencapai 5,2 persen.

Tingkat inflasi yang dikenal dengan Indeks Harga Konsumen atau Consumer Prices Index (CPI), dihitung berdasarkan harga barang-barang dan layanan rumah tangga.

Berdasarkan laporan tersebut, tingkat inflasi lain yang dihitung berdasarkan harga grosir semua barang dan layanan seperti bunga pinjaman perumahan di pasar, yang dikenal dengan Retail Price Index (RPI), pada Agustus 5,2 persen. Namun pada September meningkat menjadi 5,6 persen.

Tingkat CPI Inggris saat ini merupakan tingkat yang paling tinggi selama tiga tahun terakhir. Sementara tingkat RPI merupakan tingkat yang paling tinggi pada dua dekade terakhir.

Kantor Statistik Nasional Inggris pekan lalu juga melaporkan bahwa jumlah pengangguran warga dalam tiga bulan terakhir yaitu hingga akhir bulan Agustus, meningkat lebih dari 114 ribu orang, sehingga mencapai 2,57 juta orang.

Peningkatan pengangguran itu belum pernah terjadi sebelumnya selama 17 tahun terakhir. Dengan begitu, tingkat pengangguran di Inggris saat ini mencapai 8,1 persen. [mad]