Kamis, 5 Desember 2019 | 21:27 WIB
Internasional
Jumlah populasinya di cagar alam Banten ini sekitar 40 hingga 60 ekor. Hewan ini hidup di alam liar. Penelitian genetik kotoran hewan tersebut pada tahun 2004 menunjukkan sedikitnya dua badak Jawa masih hidup di cagar alam Vietnam Cat Tien, Hanoi, speerti
Di Vietnam, Badak Jawa Telah Punah
Rabu, 26 Oktober 2011 | 00:22 WIB
-
Skalanews - Dikabarkan pemburu membunuh badak Jawa terakhir di Vietnam untuk mendapatkan cula hewan tersebut. Jenis badak ini sekarang hanya terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon.

Jumlah populasinya di cagar alam Banten ini sekitar 40 hingga 60 ekor. Hewan ini hidup di alam liar. Penelitian genetik kotoran hewan tersebut pada tahun 2004 menunjukkan sedikitnya dua badak Jawa masih hidup di cagar alam Vietnam Cat Tien, Hanoi, speerti dikutip dari RNW, Selasa (25/10).

Pada April tahun ini, di cagar alam tersebut, ditemukan badak yang ditembak di kaki dan diambil culanya. Sejak itu tidak ditemukan lagi jejak-jejak kaki atau jejak lain badak yang masih hidup di cagar alam Vietnam.

Populasi badak di negeri tersebut berkurang dasawarsa-dasawarsa belakangan, disebabkan kehilangan habitat akibat makin bertambahnya penduduk Vietnam. Menurut Cagar Alam Sedunia WWF, situasi makin parah akibat ulah pemburu serta kekurangan pengawasan.

Direktur cagar alam Vietnam, Tran Van Thanh menyatakan tidak mungkin mencegah seratus ribu penduduk yang tinggal dekat cagar alam agar tidak memburu hewan. Kebanyakan dari mereka harus hidup dengan upah sekitar tujuh euro per hari. Sementara satu kilogram cula badak bernilai sekitar seratus ribu dolar. [mad]

  
  
Berita Terkait: