Selasa, 21 Januari 2020 | 09:01 WIB
Internasional
Partai Liga Utara negara itu telah mengancam untuk keluar dari pemerintahan koalisi Berlusconi atas reformasi usia pensiun yang disengketakan
Pemerintah Italia Terancam Bubar
Rabu, 26 Oktober 2011 | 11:05 WIB
PM Italia Silvio Berlusconi -
Skalanews - Pemerintah Italia berisiko bubar setelah sekutu koalisi Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi di Partai Liga Utara gagal mencapai kesepakatan atas reformasi ekonomi.

Partai Liga Utara negara itu telah mengancam untuk keluar dari pemerintahan koalisi Berlusconi atas reformasi usia pensiun yang disengketakan, The Financial Times melaporkan, Selasa (25/10).

Laporan terbaru menunjukkan bahwa Umberto Bossi, ketua Partai Liga Utara Italia, dapat menarik diri dari koalisi pemerintahan Berlusconi jika kabinetnya tidak mencapai kesepakatan tentang langkah-langkah ekonomi.

Bossi menolak proposal untuk meningkatkan usia pensiun Italia ke 67 tahun dan memperingatkan bahwa krisis mungkin akan dihadapi oleh pemerintah jika kesepakatan tidak tercapai dalam waktu dekat.

Keberangkatan Bossi kemungkinan bisa membuka jalan bagi pemerintah sementara, yang diharapkan mampu mendorong langkah-langkah mudah ekonomi.

Berlusconi berada di bawah tekanan hebat terkait reformasi usia pensiun menjelang pertemuan puncak Eropa.
Sebelumnya pada Senin, Berlusconi menyerukan rapat darurat kabinet setelah para pemimpin Uni Eropa menekan dia untuk menahan utang Italia dalam rangka menghentikan penularan utang zona euro.

Anggota Uni Eropa mengatakan mereka tidak akan membeli obligasi Italia yang diperlukan untuk membiayai kembali utang publik negara itu, kecuali usia pensiun ditingkatkan.

Roma telah ditekan untuk melaksanakan reformasi ekonomi dan pemotongan anggaran guna meyakinkan investor tentang rasio utang besar negara itu. Ada kekhawatiran yang semakin meningkat di antara para pemimpin Uni Eropa bahwa Italia bisa terseret ke dalam krisis yang telah mengguncang Yunani, Irlandia dan Portugal.

Roma menghadapi utang hampir 2 triliun euro atau 120 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Italia. [mad]