Kamis, 13 Desember 2018 | 06:21 WIB
Internasional
Kantor berita Xinhua melaporkan, Kepala Mahkamah Agung Cina, Wang Shengjun mengumumkan bahwa selama ini ratusan hakim tidak dapat melanjutkan tugas karena beratnya kewajiban yang dibebankan ke pundak mereka.
Tiga Tahun Terakhir, 100 Hakim Cina Meninggal
Kamis, 27 Oktober 2011 | 00:10 WIB
Bendera Cina -
Skalanews - Kurang lebih 100 hakim di Cina selama tiga tahun lalu meninggal dunia akibat pekerjaan yang berat. Kantor berita Xinhua melaporkan, Kepala Mahkamah Agung Cina, Wang Shengjun mengumumkan bahwa selama ini ratusan hakim tidak dapat melanjutkan tugas karena beratnya kewajiban yang dibebankan ke pundak mereka.

Dalam rapat Komite Tetap Kongres Nasional Cina, Shengjun menyatakan bahwa problem fisik dan mental para hakim di Cina semakin meningkat. Hal itu disebabkan pekerjaan berat yang dibebankan kepada mereka.

Wang Shengjun juga menilai bahwa gaji para hakim sangat minim dan tidak mencukupi kebutuhan mereka. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya masalah dan tantangan bagi sistem peradilan Cina.

Shengjun menambahkan, selama tiga tahun lalu, kasus-kasus peradilan di Cina meningkat enam persen pertahunnya. Oleh sebab itu, sebagian hakim terpaksa tiap tahunnya menyelesaikan 300 kasus sendirian.

Data statistik menunjukkan bahwa lebih dari 250 ribu orang bekerja di pengadilan-pengadilan Cina dan tiga tahun lalu mereka harus menggarap 30 juta kasus. [mad]