Senin, 22 Juli 2019 | 11:30 WIB
Internasional
"Ini sangat disayangkan karena dengan terjun langsung ke alam adalah salah satu cara efektif mengkombinasikan teori dan praktik pelajaran."
Belanda Gelar Sekolah di Laut
Minggu, 30 Oktober 2011 | 12:05 WIB
-
Skalanews - Kapal layar Regina Maris mulai Minggu (30/10) berlayar untuk menempuh perjalanan selama enam bulan menelusuri samudra Atlantik. Kapal layar asal Belanda ini membawa enam awak kapal dan 34 murid SMP serta lima guru sekolah.

Seorang penyuluh proyek Sekolah di Laut mengatakan selama ini kegiatan ektrakurikuler sekolah sangat minim. Misalnya saja murid-murid tidak lagi terjun mengenal alam.

"Ini sangat disayangkan karena dengan terjun langsung ke alam adalah salah satu cara efektif mengkombinasikan teori dan praktik pelajaran," tutur Monique Touw sang penyuluh, seperti dilaporkan AFP.

Dalam kapal para murid dibagi ke dalam dua kelompok. Ada yang belajar sambil bekerja bersama awak kapal dan ada juga yang mengikuti pelajaran sekolah seperti biasa di kapal.

Kelima guru yang ikut pelayaran adalah mereka yang sangat berkualifikasi dan dapat mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Selama perjalanan para murid akan mendapatkan semua mata pelajaran seperti biasa.

Harapannya adalah mata pelajaran matematika dan fisika bisa langsung dipraktekkan dengan menerapkannya dalam tugas-tugas navigasi dan memprediksi cuaca. "Ini tentu saja kombinasi bagus antara teori dan praktek," tandas Touw. [mad]