Kamis, 21 Februari 2019 | 06:36 WIB
Internasional
"Apa yang terpenting adalah ketahanan dan penentuan dari mitra Eropa ... untuk membawa masalah tersebut ke depan untuk melaksanakan kesepakatan yang telah disepakati pada 27 Oktober."
Ketua IMF Desak Eropa 'Keukeuh' Soal Dana Talangan Yunani
Kamis, 3 November 2011 | 10:14 WIB
-
Skalanews - Para pemimpin eropa diminta untuk tetapa pada rencana dan keputusan yang telah ditetapkan semula, yakni pemberian dana talangan terkait krisis utang Yunani. Walaupun, 'penyelamatan' tersebut disambut dengan upaya referendum negeri para dewa tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua IMF Christine Lagarde, Rabu (2/11) seperti dikutip dari AFP. "Apa yang terpenting adalah ketahanan dan penentuan dari mitra Eropa ... untuk membawa masalah tersebut ke depan untuk melaksanakan kesepakatan yang telah disepakati pada 27 Oktober," tuturnya.

Eropa pekan lalu membuat kesepakatan untuk menghapus 100 miliar euro utang Yunani, memperkuat bank dan menggandakan kemampuan atau "daya tembak" dana bailout, namun referendum Yunani seakan menghempaskan upaya eropa tersebut.

"Tentu saja ada cegukan di jalan, kadang-kadang cegukan besar," ujar Lagarde. Lagarde dan pemimpin Eropa bertemu dengan Perdana Menteri Yunani George Papandreou pada Rabu untuk mencoba mencari jalan keluar dari krisis.

IMF belum memberikan 'lampu hijau' atau peluang untuk melepaskan 8,0 miliar euro dalam pinjaman penyelamatan yang Yunani perlukan untuk menghindari default (gagal bayar) pada utangnya dalam hitungan minggu.

Pejabat Eropa mengatakan, pinjaman tersebut seperti di atas es sampai menjadi jelas, apakah Yunani akan mendukung paket bailout. [mad]