Senin, 9 Desember 2019 | 21:04 WIB
Korupsi
Nazar sebut Ibas Nikmati Proyek Ratusan Juta Dolar
Sabtu, 11 Oktober 2014 | 07:08 WIB
Muhammad Nazaruddin sebut Ibas nikmati proyek ratusan ribu dolar AS - [bismarc lesmana/skalanews]

Skalanews - Terpidana kasus Wisma Atlet, Muhammad Nazaruddin menyebutkan, korupsi yang dilakukan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas mencapai ratusan juta dolar AS.
 
Pasalnya, Ketua Fraksi Partai Demokrat ini menikmati hasil bancakan dari proyek SKK Migas. "Di SKK Migas itu, kontraknya itu ada ratusan juta dolar," kata Nazar saat hendak diperiksa di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (20/10).
 
Dari proyek tersebut, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu menuturkan, Ibas menerima fee antara lima hingga tujuh persen. "(Jadi) ya uangnya itu jutaan dolar lah. Ada yang 1 juta dolar AS, 500 ribu dolar AS, ada yang 405 ribu dolar AS," imbuh dia.
 
Nazar juga menyebutkan, dirinya juga pernah diperintahkan Ibas untuk mengambil uang dari Jero Wacik saat menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.
 
"Mas Ibas juga ada perintah untuk mengambil duit dari Menteri ESDM sebelum Pak Jero. Ada juga saya suruh ambil uang untuk kas DPP, jadi banyak. Nanti banyak proyek, banyak penerimaan," terang Nazar.

Sementara itu, salah satu sumber di KPK menyebutkan, bahwa keterangan Nazar itu belum bisa ditelusuri, sebab hanya berupa perkataan. “Sehingga sangat sulit untuk ditelusuri,” jelas sang sumber tersebut.

Bahkan sumber itu mengaku kalau Nazar belum pernah memberikan sejumlah dokumen yang bisa memperkuat perkataan yang dijadikan bukti.

Namun, dalam beberapa kesempatan terpidana kasus korupsi Wisma Atlet ini mengaku bahwa perkataannya benar. Dirinya pun mengklaim memiliki sejumlah bukti-bukti atas keterangannya tersebut. (Bisma Rizal/bus)