Minggu, 26 Januari 2020 | 21:02 WIB
Korupsi
Penahanan Bambang Widjojanto, Bareskrim: Itu Wewenang Jaksa
Jumat, 18 September 2015 | 12:52 WIB
Bambang Widjojanto - [Deni Hardimansyah/Skalanews]

Skalanews - Bareskrim Polri resmi melimpahkan tahap dua perkara Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjojanto ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

Ditegaskan Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Bambang Waskito, proses pelimpahan tahap dua merupakan prosedur sehingga harus dijalankan.

"Ini sudah merupakan proses hukum. Jadi karena sudah P21 (lengkap) tentu sesuai aturan kami limpahkan tahap dua ke Kejaksaan Agung dulu baru ke Kejari Jakarta Pusat," kata Waskito di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (18/9).

Waskito tak bisa memastikan apakah oleh kejaksaan nantinya Bambang Widjojanto akan dilakukan penahanan atau tidak. "Itu kewenangan kejaksaan," sambungnya.

Ketika disinggung soal lamanya proses pelimpahan tahap dua padahal berkas Bambang Widjojanto sudah dinyatakan lengkap (P21) sejak 25 Mei 2015 lalu, Waskito berdalih karena pihak Bambang mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"BW kan tiga kali ajukan praperadilan. Setelah tidak ajukan lagi, ya sudah kami limpahkan," pungkasnya. (frida astuti/bus)