Sabtu, 16 November 2019 | 06:39 WIB
Korupsi
"Hari ini tidak jadi ada pemeriksaan Rosa."
KPK Batal Jadikan Rosa Saksi Untuk Nazaruddin
Rabu, 24 Agustus 2011 | 16:18 WIB
-
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) batal periksa Mindo Rosalina Manulang alias Rosa, terdakwa dugaan suap proyek wisma atlet Jakabaring, Palembang, sebagai saksi dari tersangka M Nazaruddin.

"Hari ini tidak jadi ada pemeriksaan Rosa," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, di Jakarta, Rabu (24/8).

Mantan Direktur Pemasaran PT Anak Negeri itu batal diperiksa, tutur dia, karena masih harus menunggu izin dari majelis hakim Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Johan mengatakan, saat ini Rosa sudah tidak lagi di bawah wewenang KPK tetapi di Pengadilan. Sehingga, jika KPK ingin memeriksa bekas bawahan Nazaruddin tersebut harus seizin dari majelis hakim.

Mengenai kapan Rosa akan diperiksa sebagai saksi untuk mantan komisarisnya, Johan mengaku tidak tahu. Sebelumnya, dalam sidang pemeriksaan terhadap Rosa di Pengadilan Tipikor, penyidik KPK Handarbeni Sayekti mengatakan bahwa Rosaa pernah mengatakan bahwaa Nazaruddin pernah memintanya mengubungi Angelina yang sebutannya 'artis'.

Saat jaksa menanyakan kepada Rosa siapa yang dimaksud 'artis' tersebut, ia menjawab dengan pelan, "Ibu Angelina (Sondhak)". Dalam persidangan terasebut, Rosa juga mengakui penggunaan istilah apel Malang untuk uang rupiah dan apel Washington untuk uang dolar AS saat berkomunikasi dengan Angelina.

Namun Rosa membantah keterangan Direktur Keuangan PT Permai Grup, Yulianis jika dirinya pernah mengajukan permintaan sejumlah uang melalui wakil Direktur Keuangan PT Permai Grup, Yulianis untuk Sesmenpora Wafid Muharram maupun pihak DPR. [mad]