Senin, 23 September 2019 | 12:02 WIB
Korupsi
Pantas saja jika mereka-mereka yang kita tangani seperti pejabat negara dan pihak swasta itu terusik kepentingannya sehingga ingin KPK dibubarkan
KPK Bubar maka DPR pun Senang
Jumat, 7 Oktober 2011 | 12:36 WIB
Wakil Ketua KPK, M Jasin [foto-ist] -
Skalanews – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), M Jasin mengatakan pihak-pihak yang ingin membubarkan KPK merasa 'terusik' kegiatannya. Pasalnya, selama ini KPK telah berhasil menjebloskan pejabat negara termasuk anggota dewan lantaran melakukan praktek korupsi.

"Pantas saja jika mereka-mereka yang kita tangani seperti pejabat negara dan pihak swasta itu terusik kepentingannya sehingga ingin KPK dibubarkan," ujar Jasin saat dihubungi, Jumat (7/10).

Sejauh ini, diakuinya KPK sudah melakukan tugas dan fungsinya secara profesional, berintegritas dan mandiri berdasarkan hukum  serta prosedurnya. KPK bisa melakukan kinerjanya yang terukur dengan hasil yang baik di bidang penindakan dan pencegahan.

Jasin pun meminta agar masyarakat ikut mengawasi jika KPK betul-betul dibubarkan sesuai dengan keinginan para pejabat negara tersebut. Makan, mereka akan melakukan korupsi dengan perasaan aman tanpa mendapat pengawasan dari KPK.

Sejumlah kasus-kasus  korupsi yang ditangani KPK pun akhirnya menjerat para pejabat tinggi dan strategis hampir semua bidang yaitu eksekutif, legislatif, yudikatif, BUMN, BUMD. Oleh sebab itu Jasin memastikan jika pihaknya tidak melakukan tebang pilih dalam menyelesaikan kasus.

Seperti diketahui, sejumlah anggota DPR RI menginginkan supaya KPK dibubarkan. Sejumlah anggota dewan menganggap kewenangan KPK terlalu besar dan memiliki kekebalan hukum. Karena sistem kebal hukum itu dianggap tidak sesuai dengan sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia. Akhirnya,  KPK sebagai lembaga yang memiliki kekebalan hukum itu berjalan tanpa pengawasan. (syamsud dhuha/bus)