Selasa, 16 Juli 2019 | 21:56 WIB
Korupsi
Berdasarkan Instruksi Presiden pada tahun 2011, Polri ditarget untuk mengungkap sebanyak 473 kasus korupsi
Polri Klaim Sudah Ungkap 425 Kasus Korupsi
Senin, 17 Oktober 2011 | 11:44 WIB
-
Kepolisian Negara RI mengklaim, saat ini sudah mengungkap 425 kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) di seluruh Indonesia.

"Polri sudah mengungkap 425 kasus korupsi, sehingga diharapkan pada bulan Desember melampaui target yang sudah ditentukan," kata Wakil Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Wakabareskrim) Polri, Irjen Pol Bekto Suprato pada acara Rakernis Tipikor di Gedung Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) di Jakarta, Senin (17/10).

Diejaskan Bekto, berdasarkan Instruksi Presiden pada tahun 2011, Polri ditarget untuk mengungkap sebanyak 473 kasus korupsi, ujarnya. "Kasus korupsi yang di ungkap itu, terdapat di semua Polda dan ini sudah diatas 80 persen. Saya sangat yakin Desember nanti akan terlampaui," ungkapnya.

Di menambahkan, kasus tipikor yang diungkap Polri hampir seluruhnya berdasarkan penyelidikan dan sedikit yang berdasarkan dari laporan orang. "Korupsi itukan enak, jadi disembunyikan dan perlu penyidikan yang sangat panjang," tuturnya.

Kendala dalam penanganan kasus korupsi, menurut Bekto, karena pelakunya itu sudah semakin pintar dan tidak dilakukan sendiri tapi mereka berkelompok.

"Mereka pintar menyembunyikan dan mengerti celah-celah hukum. Tapi kami tidak mau kalah makanya satu bersatu untuk 'sharing'," tandasnya.

Pengalaman menyelesaikan kasus tipikor, ucap Bekto, bisa dengan melakukan 'sharing' pada yang lain, sehigga diharapkan Polri bisa memerangi korupsi sampai bersih. "Kami sangat tahu bahwa masyarakat sangat muak dengan korupsi," pungkasnya. (buj)