Sabtu, 22 Februari 2020 | 17:52 WIB
Produksi Padi Aceh Ditargetkan Meningkat 2,2 Juta Ton
Senin, 21 April 2014 | 19:40 WIB
ilustrasi -

Skalanews - Provinsi Aceh menargetkan produksi padi mencapai 2,2 juta ton pada 2014 atau terjadi peningkatan dari 2013 yang hanya tercapai 1,95 juta ton.

"Dengan peningkatan produksi padi itu, Aceh masih tercatat sebagai salah satu lumbung pangan nasional," kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Razali Adami di Banda Aceh, Senin.

Hal tersebut juga disampaikan pada simposium pangan bertajuk "Mengembalikan Aceh Sebagai Lumbung Pangan Nasional? yang digelar di Fakultas Pertaian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh pada 17 April 2014.

Target produksi sebesar 2,2 juta ton itu diharapkan bisa tercapai melalui perluasan areal tanam dan peningkatan mutu intensifikasi.

Program peningkatan produksi pertanian di Aceh merupakan upaya untuk melaksanakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh 2012-2017.

"Alhamdulillah, kami akan terus melakukan percepatan peningkatan produksi dua komoditas pangan pokok lainnya yaitu jagung dan kedelai," katanya menyebutkan.

Razali Adami, menjelaskan program peningkatan produksi pangan tersebut telah digariskan dalam "Road Map Program Percepatan Peningkatan Produksi Pangan Aceh" yakni berupa padi, jagung, dan kedelai.

Di pihak lain, ia menjelaskan penerapan kearifan lokal ini butuh gerakan-gerakan yang berbasis pada peningkatan partisipasi masyarakat, serta keterlibatan semua pihak baik provinsi, kabupaten, kecamatan hingga ke desa-desa.

Dia juga mengharapkan masyarakat untuk mendukung program peningkatan produksi pangan tersebut. Pihaknya juga terus meningkatkan indeks penanaman berbagai komoditas baik padi, jagung, maupun kedelai. (ant/mar)