Sabtu, 22 Februari 2020 | 18:10 WIB
Gubernur Jabar Imbau Petani Tidak Tanam Padi
Jumat, 19 September 2014 | 04:49 WIB
Ilustrasi -

Skalanews - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengimbau para petani di Jabar untuk tidak menanam padi pada musim kemarau karena khawatir mengalami gagal panen akibat kekurangan pasokan air.

"Mengimbau masyarakat kita untuk tidak menanam padi pada saat musim seperti ini (kemarau)," kata Gubernur di Bandung, Kamis.

Ia mengatakan, dinas terkait setiap musim kemarau selalu menyarankan petani agar menanam jagung dan kedelai yang tidak membutuhkan banyak air.

Namun imbauan itu, kata Gubernur seringkali tidak ditaati sejumlah petani, sehingga seringkali hasil tanamnya tidak memuaskan.

"Seringkali tidak ditaati, seharusnnya musim pancaroba seperti ini segera ganti ke jagung," katanya.

Upaya pemerintah memenuhi kebutuhan air kawasan pertanian, kata Gubernur, salah satunya mengoptimalkan Mitra Cai atau kelompok masyarakat yang mengatur pendistribusian air.

Ia berharap, kelompok masyarakat itu dapat mengatur dengan baik dan adil mengalirkan air agar kebutuhan air untuk areal pertanian terpenuhi.

"Insya Allah dengan cara begitu masih memungkinkan kita panen dengan baik, meskipun tidak sebaik di musim penghujan," kata Gubernur. (ant/mar)