Selasa, 20 November 2018 | 07:17 WIB
Pemkab Tanbu Bantu Petani Alat Pertanian
Kamis, 11 Desember 2014 | 00:05 WIB
Ilustrasi -

Skalanews - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan setempat, menyalurkan bantuan berupa alat mesin pertanian untuk mendukung upaya peningkatan produktivitas gabah.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Tanah Bumbu, Abdul Karim, Rabu, melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Hasil Usaha, Lamijan, mengatakan, bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) tersebut merupakan upaya dari Pemkab Tanah Bumbu untuk memfasilitasi petani agar dapat meningkatkan produksi, dan produktivitas sehingga para petani dapat lebih sejahtera.

"Pemerintah berperan untuk memfasilitasi dan mendorong para petani untuk hidup sejahtera. Untuk itu, Distanpanak Tanbu pada 2014 menganggarkan dana melalui APBD untuk Alsintan, dan mendapat respons positif dari Bupati Mardani H Maming," kata Lamijan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, Said Akhmad kepada Kelompok Tani (Poktan).
Ia berharap, melalui Alsintan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan para petani seiring dengan membaiknya kesehatan, pendidikan, dan perekonomian petani.

Lamijan mengharapkan, dengan bantuan yang diberikan itu maka para petani dapat lebih giat lagi dalam bercocok tanam.
"Hendaknya Alsintan yang disalurkan bisa meringankan beban para petani yang belum memiliki Alsintan dalam hal mengolah lahan persawahan mereka," tuturnya.

Dia mengemukakan, bantuan yang diberikan berupa alat pengolah tanah dari pra dan pascapanen, seperti alat penggiling padi untuk peningkatan kualitas beras, pompa air, mesin pengering padi, hingga siring jalan usaha tani dalam bentuk bangunan fisik jalan yang berfungsi untuk memudahkan atau melancarkan transporasi petani ke persawahan.

Sekda Tanbu, Said Akhmad mengatakan bantuan alat mesin tani tersebut salah satu solusi dan jawaban dari Pemkab Tanbu untuk membantu para petani agar dapat hidup sejahtera.

Kepada penerima bantuan, Sekda berharap agar bantuan tersebut dapat dirawat dengan baik sehingga dapat bertahan lama.
Adapun Poktan penerima sebanyak 31 Poktan di 9 Kecamatan menerima bantuan dari Pemkab Tanbu, Bentuan tersebut berupa peralatan mesin pertanian seperti RMU (Rice Milling Unit) sebanyak 5 unit, Mesin Pengering Padi sebanyak 3 unit.

Mesin Pemipil Jagung sebanyak 2 unit, Mesin Perontok Padi sebanyak 150 unit, Pompa Air sebanyak 50 unit, Siring Jalan Usaha Tani sebanyak 7 paket, serta Hand Sprayer sebanyak 100 unit untuk Kelompok Wanita Tani (KWT). (ant/mar)


  
  
Berita Terkait: