Kamis, 14 November 2019 | 06:18 WIB
Jelang Pilkada Sumenep, Bilik dan Kotak Suara Siap Digunakan
Selasa, 29 September 2015 | 13:55 WIB
Ilustrasi - [ist]

Skalanews - Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sumenep tinggal menghitung hari. Sebab, pesta rakyat untuk memilih bupati dan wakil bupati itu bakal digelar 9 Desember nanti.

Segala persiapan sambut pilkada telah dilakukan KPU setempat. Termasuk bilik dan kotak suara.

Ketua KPU Kabupaten Sumenep A Warits Umar menegaskan, kebutuhan bilik dan kotak suara Pilkada Sumenep 2015 telah siap didistribusikan ke 27 wilayah kecamatan yang ada.

"Sebagian terbesar kondisi kotak dan bilik suara masih baik dan bisa digunakan. Hanya sebagian kecil yang perlu perbaikan ringan," tandas Warits, Selasa (29/9).

Penegasaan Warits bukan tanpa alasan. Sebab, ribuan kotak dan bilik suara itu disimpan rapi di gudang milik KPU Sumenep. Bahkan, Warits telah mendatangi gudang penyimpanan bilik dan kotak suara untuk memastikan jumlah dan kualitasnya.

"Saya bersama komisioner lainnya telah melihat kondisi kotak dan bilik suara. Meski telah beberapa kali digunakan untuk keperluan pemilu, pilpres dan pilkada, namun kotak dan bilik suara masih cukup bagus untuk kembali digunakan untuk pilkada 9 Desember nanti," urai Warits.

Warits yang juga mantan Ketua Lakpesdam PC NU sumenep itu, menambahkan, kotak suara jumlahnya sangat banyak dan lebih dari cukup. Begitupun jumlah bilik suara. Terkiat kotak dan bilik suara, Warits menjamin tidak akan ada tender ulang pengadaan ke-2 peralatan pilkada tersebut.

"Kalaupun ada yang masih dikerjakan terkait pilkada, itu hanyalah kebutuhan logistik seperti surat suara, alat dan alas coblos, serta tinta yang akan dioles pada jemari para pemilih," pungkasnya. (Anang Adriyanto/Bus)