Rabu, 17 Oktober 2018 | 01:33 WIB
Stabilitas dapat mengurangi angka kemiskinan di suatu daerah.
Stabilitas Bisa Hentikan Kemiskinan
Minggu, 20 Maret 2011 | 23:24 WIB
-
DOMPU, NTB - Situasi yang aman, nyaman dan terkendali tidak hanya membuat ekonomi berjalan dengan baik, sehingga memperluas lapangan kerja. Tapi juga dapat menghentikan laju kemiskinan. Atas dasar itulah, Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamukti minta warga Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjaga stabilitas dan keamanan daerah, jika ingin cepat ke luar dari kemiskinan.

"Saya datang ke Dompu ini bersama 18 pengusaha dari Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT). Mereka siap membangun pabrik pakan berbahan baku jagung di Dompu, asalkan ada jaminan keamanan," katanya, Minggu (20/3).

Demikian ia sampaikan saat memberikan sambutan pada acara panen raya jagung di Desa Kampasi Meci, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain menjaga stabilitas dan keamanan serta kenyamanan daerah, menurut dia, jaminan lain yang harus diberikan warga Dompu kepada investor adalah harus siap menyediakan bahan pabrik jagung tersebut secara berkesinambungan.

Ia mengatakan, saat ini, komoditi jagung tidak hanya bisa dikonsumsi manusia, namun juga bisa dijadikan pakan ternak. Bahkan, jagung juga bisa dijadikan biofeul atau bahan bakar minyak. "Kami sedang merancang alat tersebut. Mudah-mudahan tahun depan itu bisa di gunakan. Selain itu, jagung juga bisa dijadikan bahan dasar plastik, sehingga plastik dari bahan jagung, bisa diurai aaoleh tanah," ujarnya.

Selain peningkatan produksi jagung, Bayu juga mengenalkan warga Dompu terhadap beberapa potensi yang bisa dikembangkan di daerahnya seperti tebu sebagai bahan dasar gula. "Tebu cocok dikembangkan di Dompu. Pemerintah Kabupaten Dompu katanya sudah siap mencarikan lahan seluas 20.000 hektar untuk peningkatan komoditi ini. Jika ini berhasil, maka rakyat Dompu akan lebih sejahtera," tuturnya.

Selain menjaga stabilitas daerah, ia juga berharap terutama kepada para pemuda di Dompu, untuk bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia sebagai lahan pekerjaan.