Kamis, 25 April 2019 | 01:25 WIB
Persyaratam calon kepala daerah DIY tersebut datang dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X
DPR-Pemerintah Godok Persyaratan Calon Kepala Daerah DIY
Kamis, 6 Oktober 2011 | 01:55 WIB
-
Skalanews - Pemerintah dan DPR saat ini tengah mengkaji persyaratan bagi calon kepala daerah DIY jika RUUK DIY yang sudah disahkan dan diterapkan. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta (RUUK DIY), Abdul Hakam Naja.

Persyaratan bagi calon kepala daerah DIY Yogyakarta tersebut, lanjut dia, justru diusulkan Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam rapat dengan panja RUUK DIY dan pemerintah beberapa waktu yang lalu. Harapannya, menurut Hakam Naja agar tidak ada perbedaan syarat calon kepala daerah DIY dengan daerah lainnya.

"Sultan sendiri memberikan penekanan bahwa Gubernur DIY tidak boleh didiskriminasikan. Jadi, dalam RUUK DIY ini juga mengatur syarat bagi calon gubernur sebagaimana daerah lain, seperti harus cakap, kapabel, punya integritas, jujur, dan lain-lain," tutur Hakam di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/10).

Berdasarkan masukan dari pemerintah yang diwakili Kementerian Dalam Negeri, beber dia, syarat bagi calon kepala daerah DIY akan diadopsi dari pasal 58 UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Walaupun ada perbedaan pandangan dari segi usia calon kepala daerah dengan aturan di internal kraton. "Kalau menggunakan aturan kraton, kan usia dihitung sejak akil balik, sedangkan UU Pemda adalah 30 tahun," imbuhnya.

Oleh karena itu, baik DPR dan pemerintah masih mengkaji apakah pasal 58 UU 32/2004 akan diadopsi secara utuh atau dipadukan dengan aturan internal kraton atau paugeran. (mad)