Sabtu, 24 Agustus 2019 | 02:51 WIB
Diperkirakan Desember mendatang sudah mulai dibangun
Pertamina Bakal Bangun Terminal Elpiji di Lombok
Rabu, 2 November 2011 | 15:25 WIB
-
Skalanews - Guna mengoptimalkan pelayanan bahan bakar khusus gas di Nusa Tenggara Barat, PT Pertamina (Persero) berencana membangun terminal elpiji berkapasitas 1.500 Metrik Ton (MT) di Pulau Lombok.

"Sekarang sedang ditenderkan, diperkirakan Desember mendatang sudah mulai dibangun," kata Sales Representatif Rayon VIII Elpiji dan Gas Produk PT Pertamina, Anggowo Wicaksono di Mataram, Rabu (2/11).

Dia menambahkan, keberadaan terminal mini elpiji itu dibutuhkan untuk mendukung pengoperasian empat unit Stasiun Pengisian Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) yang tengah dibangun di Pulau Lombok.

Keempat SPPBE itu berlokasi di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Kota Mataram.

"Nanti keempat SPPBE itu tidak terus bergantung pada terminal elpiji di provinsi tetangga (Bali, red). Kalau sudah ada terminal elpiji di Lombok, tentu kehandalan suplai elpiji di daerah ini semakin nyata," ujarnya.

Sejauh ini, kebutuhan elpiji untuk konsumen di Pulau Lombok mencapai 37 MT sehari atau 1.110 MT sebulan. Konsumen elpiji bersubsidi saja mencapai 679.071 rumah tangga yang menyebar di lima kabupaten dan kota.

Menurut Anggowo, anggaran untuk pembangunan terminal elpiji di Lombok itu  diperkirakan lebih dari Rp3 triliun.

Dalam proses tender proyek pembangunan terminal elpiji di Pulau Lombok itu, Pertamina melibatkan sembilan investor termasuk investor lokal. Sembilan investor itu sudah mengajukan 11 calon lokasi yang dapat dipilih sebagai lokasi pembangunan terminal elpiji itu. (buj)