Rabu, 20 November 2019 | 04:20 WIB
KontraS Nilai Kerja Kompolnas Awasi Polri Masih Belum Maksimal
Senin, 3 Februari 2014 | 21:52 WIB
Haris Azhar - [ist]

Skalanews - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menilai kerja Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengawasi kinerja Polri masih sangatlah minim.

"Kompolnas punya peran yang sangat signifikan untuk pengawasan polisi, tapi belum cukup," kata Koordinator KontraS, Haris Azhar di kantor Kompolnas, Jakarta Selatan, Senin (3/2)

Menurut Haris, dengan enam orang komisioner dimana tiga diantaranya duduk di level kementerian seharusnya cukup menjadikan Kompolnas sebagai institusi yang memiliki power untuk mengawasi Polri.

"Kalau strukturnya Kompolnas menarik sekali. Ketuanya Menko Polhukam Joko Suyanto, seharusnya Kompolnas dapat memberikan rekomendasi ke presiden melalui ketua langsung ke presiden," terangnya.

Sementara itu Komisioner Kompolnas, M Nasser mengaku sudah berupaya menjalankan fungsinya secara maksimal yakni mengawasi Polri.

"Kompolnas sudah berupaya apa yang disampaikan oleh KontraS. Kita mendukung lebih, dalam upaya penanganan pelanggaran HAM yang disampaikan oleh KontraS," pungkasnya. (frida astuti/bus)